Selasa, 08 Januari 2019

Pendakian Gunung Prau Wonosobo

Gunung Prau dengan ketinggian 2.565 Mdpl terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia. Gunung Prau terletak antara tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Wonosobo.Puncak Prau merupakan padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Di puncak kita bisa melihat bukit-bukit kecil dan sabana dengan sedikit pepohonan.
Kali ini saya melakukan perjalan ini bersama teman namanya Alwi Romdhoni, yang anggaplah kita sudah biasa jalan bareng di gunung. Jadi nyamanlah pernjalanan ini karena tidak memerlukan banyak penyesuaian dalam perjalanan.
Saya dari Malang, sedangkan Alwi dari Surabaya. awalnya kita nyari tiket Malang-Wonosobo, ternyata tidak dapat. Memang bertepatan liburan panjang menjelang tahun baru 2019, jadi ya sudahlah kita cari dari Surabaya menuju Wonosobo. Akhirnya dapat Sugeng Rahayu. Aseek ... sebenarnya memang pingin juga naik itu. 18.00 WIB dari Surabaya, sampai di Wonosobo jam 03.00 WIB dini hari. Cepet banget, beda sama pulangnya #emotkesel.
dari Wonosobo ternyata ketemu banyak pendaki Prau yang arah Kalilembu. Akhirnya naik bis kecil langsung basecamp Kalilembu. Dari situ kita sudah disambut dengan gerimis dan kabut. Ah, sudahlah...
Akhirnya sampai sehari semalam kita di situ pendakian di tutup menunggu cuaca membaik. Yang ada di fikiran akan pindah haluan kalau sampai esok pagi belum buka juga. Karena mubadzir dong hari libur agak panjang yang langka ada buatku, tanpa dapat cerita apa-apa. Ssst... padahal cuma libur cuma 3 hari 30-1 Januari 2019, wkwkwk...
Akhirnya esok pagi-pagi habis subuhan di basecamp cepat-cepat membikin sarapan dan akan bergegas. Saya mulai bertanya pada penjaga pos bisa naik Prau kah hari itu? Alhamdulillah bisa tapi tidak boleh camp dan jam 10 harus sudah di basecamp lagi. Oke i'm ready.. kita tek tok Gunung Prau.
Alhamdulillah start jam 05.00 WIB eh jam 08.00 sudah basecamp lagi. yeeey.. ternyata bisa cepet juga...
Alhamdulillah.. Alhamdulillah.. Alhamdulillah.. dapat satu cerita di penutup tahun 2018.

Estimasi biaya :
Malang - Surabaya : 25.000 (Patas)
Surabaya - Wonosobo : 160.000 (plus makan)
Wonosobo - basecamp Kalilembu  : 30.000

Estimasi waktu : 3 jam  (dari basecamp sampai basecamp lagi)