Selasa, 08 Januari 2019

Pendakian Gunung Kembang Wonosobo

Gunung Kembang adalah salah satu gunung dengan ketinggian 2340 Mdpl berada di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Tepatnya di Desa Kembarkasian, Kecamatan Kretek Kab.Wonosobo. Kabarnya sih gunung ini adalah anak gunung Sindoro. Meski tak se familiar Gunung Sumbing dan gunung Sindoro, masalah view tidak kalah menarik dengan kedua gunung tersebut. Sayangnya pas saya ke situ kabut. Gak apalah, yang penting bisa berdiri di puncak Kembang dan dapat plakat sudah puas. Pasukan pemburu plakat ✌
Pendakian ini kelanjutan dari liburan 30-1 Januari 2019 bersama Alwi Romdhoni teman dari Surabaya. Setelah tanggal 31 pagi kita melakukan tek tok gunung Prau, kira-kira jam 10.00 WIB kita melanjutkan perjalanan menuju basecamp Kembang. Awalnya mampir dahulu di pertigaan seperti pasar yang bertuliskan "Dieng", biasalah tempat ini disebut sebagai icon Dieng, dimana kita sedang berada di daerah dataran Dieng. Dari situ kita naik bis mini arah terminal Wonosobo turun di Prajuritan. Dari Prajuritan oper bis kecil jurusan Magelang/Purworejo turun pasar Binangun terus ngojek ke basecamp Kembang. Alhamdulillah sampailah kita di basecamp Kembang jam 12.30 WIB. Setelah mandi, sholat dan prepare (kita cuma membawa satu carier saja, sedang daypack kutinggal di basecamp). Pukul 15.30 kita mulailah perjalanan naik. Eh iya sempet juga juga bertemu teman dari Malang namanya Satrio. Tapi dianya sudah turun Kembang, dan saya baru mau naik.
Setelah 1 jam perjalanan ternyata hujan turun, dan kita masih di perkebunan teh. Akhirnya memutuskan untuk mendirikan camp di situ, tepatnya di bawah pos Katak.
Baru ke-esokan harinya pukul 06.00 WIB kita tektok Gunung Kembang.
Alhasil pergantian malam tahun baru 2019 berada di tempat camp. kebun teh Gunung Kembang di sertai dengan hujan badai. Antara tidur ngantuk, capek dan takut... malam tahun baru yang seruu...