Senin, 06 Februari 2017

Pendakian Gunung Kelud 1731 Mdpl

Sore itu, sabtu 4 Februari 2017 kita bertiga (saya Edwie, Fuad dan Asna) bersiap-siap melakukan pendakian Pendakian dimulai dari Kota Blitar menuju Desa Tulungrejo Blitar. Fuad dan Asna asli orang Blitar. Waktu itu saya naik bis dari Gadang  ke Wlingi. Tepatnya 20.00 saya tiba di Rumah Sakit Wlingi. Di situ sudah ada Fuad buat menjemput.
sebelum melakukan perjalanan kita berdua menuju rumah Asna buat prepare yang kurang-kurang. Tepat 21.30 kita berangkat menuju pos pendakian gunung kelud. Akses jalan menuju ke tempat perijinan adalah searah dengan lokasi wisata Rambut Monte Blitar dan juga Sumber Air Dandang Blitar. penunjuk arah juga mulai jelas menuju lokasi.
setelah melakukan registrasi parkir 10.000, tiket per orang 5.000, serta ada sewa antar jemput menuju hutan karet sebesar 5.000 per orang.
Setapak demi setapak di mulailah pendakian.

Gunung Kelud melalui Blitar terdiri dari 3 pos. Dari kebun karet menuju pos 1, waktu tempuhnya tidak lebih dari 1 jam dengan berjalan santai. Dari pos 1 menuju ke pos 2 jaraknya lumayan dekat juga, dengan berjalan santai waktu tempuhnya juga sekitar 1 jam, dari pos 2 menuju pos 3 sekitar 1,5 jam.
Biasanya, para pendaki mengakhiri perjalanan di pos 3 dan menggelar tenda disana. Bila kondisi gunung sepi, kamu bisa dengan leluasa membuka tenda. Namun jika posisi gunung ramai, maka kamu bisa juga ngecamp mendekati puncak Kelud. Semuanya kondisional, karena posisi dataran yang memang tidak begitu luas seperti gunung-gunung lain.
Kami memilih camp di tempat terakhir mendekati puncak. Padahal treck curam  musti kita lewati Untuk sampai di tempat camp itu. Akhirnya tepat 02.00 WIB kita camp dan istirahat. Hanya tenda kita sendiri yang berada di situ sampai esok harinya.
Pukul 06.00 kita memulai kembali perjalanan menuju puncak dengan hanya berbekal camilan dan minuman.
Kurang lebih 1 jam sampailah kita d puncak Kelud.
Alhamdulillah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar