Rabu, 25 Juli 2018

Pendakian Gunung Argopuro 3.088 Mdpl

Gunung yang termasuk dalam kompleks pegunungan Hyang. Merupakan Gunung di Jawa yang terkenal dengan "trek terpanjangnya". Memiliki ketinggian sekitar 3088 mdpl dengan beberapa puncak di atasnya. Puncak yang terkenal adalah puncak Rengganis sedangkan yang tertinggi adalah puncak Argopuro. Gunung ini sangat terkenal dengan mistisnya, di percaya menyimpan misteri legenda dewi rengganis dengan keenam dayangnya yang hilang.
Secara administratif gunung argopuro termasuk dalam tiga wilayah Kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Jember dan Kabupaten Situbondo.
Terdapat tiga jalur pendakian yang bisa digunakan, yaitu jalur Bremi dari Probolinggo, Jalur Baderan dari Situbondo dan jalur Tancak dari Jember. Jalur yang lebih sering digunakan pendaki adalah melalui Bremi dan Baderan, sedangkan jalur Tancak sangat jarang dilalui karena jarak tempuh pendakiannya sangat panjang yang memerlukan waktu sekitar satu minggu untuk mencapai puncak.
Pendakian ini dilakukan pada hari Senin sampai Jumat tanggal 18 - 22 Juni 2018 bertepatan dengan liburan Lebaran. Kami sepakat untuk melakukan pendakian secara Lintas, naik via Baderan dan turun via Bremi. 5 Day 4 Night termasuk normal lah waktu pendakian ini.
Bersama ke duabelas teman yang semuanya cowok, jadi berasa savety saja pendakian ini he..he..
Senin malam tanggal 18 kita berkumpul di rumah teman dimana subuhnya harus otw Probolinggo.

Estimasi Waktu :

Senin subuh otw basecamp, sampai basecamp Baderan jam 14.00 WIB dimana harusnya tidak boleh ada pendakian. berhubung pendakian ini dilakukan sama para sesepuh gunung yang sudah biasa juga ke situ, jadi dijinkanlah kita trecking malam. hehe..

Estimasi Biaya :
Bis Malang - Probolinggo Rp 25.000
Carter Mobil Probolinggo - Base camp Baderan Rp 60.000
Simaksi dan Ojek pintu hutan Rp 120.000

carter Bremi - Probolinggo Rp 30.000
Probolinggo - Malang Rp 25.000
Gojek ke rumah Rp 12.000



Camp 1 berada di bawah Mata Air Dua

Camp 2 berada di Cikasur dengan melewati Cisentor dan rawa Embik
Pos Cisentor
Rawa Embik

Rawa Embik

 Cikasur

Cikasur
Camp 3 berada di Alun-alun Kecil atau Sabana Lonceng


Camp Ke 4 berada di Taman Hidup












Tidak ada komentar:

Posting Komentar